Bookmarks

From Franz Kafka to Haruki Murakami, these books below will enter your mind with their mysterious, dark psychological, and well, yeah, a bit depressing (but not as depressing as Salinger’s The Catcher in the Rye). Waktunya untuk mulai membaca buku-buku yang sedikit memaksa kamu untuk lebih berpikir. Jangan kesal ketika kamu menemukan beberapa buku di bawah bahkan tidak memiliki ending cerita. So, here we go!

The Trial, The Castle, and Amerika (The Complete Novels)
Franz Kafka
Rp309.000

bookmarks-franz-kafka-the-trial-the-castle-amerika

Ketika saya ingin membahas tentang¬†The Castle¬†saja, saya merasa kalau hal tersebut masih kurang jika ingin membicarakan karya penulis asal Jerman yang satu ini. Terdiri dari tiga buku populernya, masing-masing cerita memiliki esensi mengejutkan khas Kafka.¬†The Trial¬†sendiri¬†berbicara tentang Joseph K., seorang¬†chief financial officer¬†sebuah bank yang ditangkap dan diadili tanpa penjelasan apapun.¬†The Castle mostly¬†bercerita tentang¬†alienation, birokraso,¬†deep psychology tentang tokoh protagonis bernama K. yang berjuang untuk mendapatkan akses ke sebuah otoritas kastil misterius yang mengatur sebuah desa untuk alasan yang tidak diketahui. Sedangkan¬†Amerika¬†bercerita tentang Karl¬†Ro√ümann, yang terpaksa pindah dari tanah Eropa ke New York untuk menghindari skandal yang ia miliki dengan seorang pembantu rumah tangga. Pesan saya adalah¬†don’t be mad if the book finished mid-sentence. Which one? Oh, I won’t tell you that.

Fahrenheit 451
Ray Bradbury
Rp101.000bookmarks-ray-bradbury-fahrenheit-451

Disebut-sebut sebagai karya terbaik Bradbury,¬†Fahrenheit 451 terilhami oleh keadaan masyarakat Amerika yang sempat melarang peredaran buku dan bagaimana pemadam kebakaran membakar apa saja yang merek temukan. Terbagi menjadi tiga bagian, yaitu:¬†“The Heart and the Salamander”, “The Sieve and the Sand”,¬†dan¬†“Burning Bright”,¬†Guy Montag adalah tokoh utama yang harus kehilangan teman baru yang baru saja ia temukan secara misterius. Ia turut berpetualang untuk mencaro buku yang dicuri dan bagaimana ia harus lari meninggalkan kotanya untuk bertemu sang pencinta buku yang telah lama diasingkan.

The Curious Incident of the Dog in the Night-Time
Mark Haddon
Rp112.000bookmarks-mark-haddon-the-curious-incident-of-the-dog-at-the-night-time

What surprised me about this book is..it happened to be a children book.¬†Namun, setelah saya selesai membacanya, saya rasa mungkin ini terlalu berat jika ditujukan untuk para anak-anak.¬†It’s depressing in a way how the protagonist tells the story.¬†Christopher John Francis Boone adalah seorang remaja berusia 15 tahun yang menganggap dirinya sebagai jenius matematika. Suatu malam, ia melihat pembunuhan seekor anjing tetangganya dan ia berusaha menemukan siapa yang membunuh anjing tersebut. Untuk saya, ini seperti membaca¬†The Catcher in the Rye all over again, but in modern ways.

Gone Girl
Gillian Flynn
Rp114.000bookmarks-gillian-flynn-gone-girl

Bercerita tentang sebuah pernikahan yang mengalami disfungsi, Nick dan Amy Dunnes harus pindah dari New York ke sebuah kota kecil agar dapat melanjutkan hidup. Berbekal tabungan terakhir yang dimiliki Amy, Nick membuka sebuah bar untuk mencari uang. Namun, pada saat ulang tahun pernikahan mereka yang kelima, tiba-tiba saja Amu hilang. Tentu saja Nick menjadi tersangka utama dengan segala tuduhan psikologis yang nampak padanya. Diceritakan dari dua sudut pandang, yaitu sudut pandang Nick dan Amy, kamu akan merasa bingung dan¬†suspicious,¬†siapa yang berbohong dengan cerita yang sama-sama mereka sampaikan di buku ini.¬†It’s so mind blowing.

Colorless Tsukuru Tazaki and His Years of Pilgrimage
Haruki Murakami
Rp441.000bookmarks-haruki-murakami-colorless-tsukuru-tazaki-and-his-years-of-pilgirmageWondering why Tsukuru Tazaki is colorless? Here’s some synopsis. Back in his second year in college,¬†keempat temannya (yang memiliki unsur warna di dalam nama masing-masing) tiba-tiba saja memutuskan hubungan pertemanan dengannya tanpa penjelasan apapun.¬†Later on, his only friend in college vanished in the next semester.¬†Sesudah itu Tazaki percaya bahwa ia ditakdirkan untuk sendiri sebagai “an empty person, lacking in color and identity”.¬†Ketika akhirnya ia menikah, istrinya Sara bersikukuh agar Tazaki bisa¬†move on¬†dari masa lalunya dengan cara menghadapi masa lalu itu sendiri.¬†Then, Tsukuru decides to seek his former friends to mend and ask why they left him.


Oleh: Natasha Sinsoe

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s