4 Program Latihan Fisik Untuk Kebugaran Tubuh

Tahukah Anda, bahwa dengan menjalankan program latihan fisik, Anda dapat meningkatkan kebugaran tubuh Anda? Sebenarnya apa pentingnya, sih, melakukan program latihan fisik? Berikut adalah informasi dan apa yang bisa Anda lakukan untuk menjalankan program latihan fisik.

4-Program-Latihan-Fisik-Untuk-Kebugaran-Tubuh

Setelah mengetahui pentingnya melakukan program latihan fisik, sekarang waktunya Anda untuk melakukan praktiknya. Yuk, baca terus ke bawah dan ikuti gerakan-gerakannya!

1. Latihan Daya Tahan Tubuh
Biasakan untuk melakukan jogging selama 40-60 menit dengan berbagai variasi kecepatan. Selain bertujuan untuk menambah tingkat daya tahan otot, latihan ini juga dapat menambah daya tahan kardiovasukler. Tujuan dari latihan ini adalah agar Anda mampu melakukan gerakan cepat dalam waktu lama, stabil, dan konsisten.

2. Latihan Kekuatan
Latihan beban memang terbukti sangat efektif untuk meningkatkan kekuatan. Sebelumnya, lakukan gerakan push up, pull up, back up, squat rush, dan squat jump lalu lanjutkan dengan proses latihan menggunakan beban yang sebenarnya. Agar diingat untuk tidak loncat-loncat di tempat yang permukaannya keras karena akan menyebabkan cedera pada tulang kering dan tungkai.

4-Program-Latihan-Fisik-Untuk-Kebugaran-Tubuh

3. Latihan Kecepatan
Dalam latihan kecepatan, bentuk latihan yang dapat diterapkan antara lain adalah shuttle run atau lari bolak-balik dengan jarak minimal 6 meter. Kualitas latihan bisa ditingkatkan dengan penambahan beban dan rintangan. Sprint jarak pendek dengan intensitas tinggi juga sangat efektif untuk diterapkan dalam latihan kecepatan.

4. Latihan Kelenturan
Agar dapat menunjang tubuh Anda untuk bergerak lincah, mengubah arah, berbalik arah secara tiba-tiba, dan juga supaya tidak rentan cedera pada bagian persendian dan otot, latihan kelenturan harus diterapkan di dalam program latihan fisik Anda. Cukup dengan melakukan perenggangan yang benar seperti di antaranya mencium lutut, sikap lilin, yoga, dan lain-lain.

Nah, setelah Anda mengetahui informasi tentang pentingnya melakukan program latihan fisik serta jenis latihan apa yang dapat Anda lakukan, yuk, mulai lakukan program latihan fisik untuk kebugaran tubuh Anda! Selamat memiliki tubuh yang bugar!


By Natasha Sinsoe, as published on Journal 20FIT

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s