4 Latihan Kelincahan yang Perlu Dilakukan

Apakah Anda tahu bahwa latihan kelincahan merupakan bagian penting yang harus ada di dalam jadwal berolahraga Anda?

Mengapa? Karena seiring bertambahnya umur, kemampuan tubuh kita untuk bergerak secara cepat dan mudah akan semakin berkurang. Maka dari itu, latihan kelincahan sangat diperlukan agar Anda tetap bisa menjaga refleks yang baik dalam bergerak. Di bawah ini terdapat 6 jenis latihan kelincahan yang dapat Anda lakukan, tapi jangan lupa untuk stretching terlebih dahulu, ya!

1. Ladder Drills

4-Latihan-Kelincahan-yang-Perlu-Dilakukan-

Dengan menggunakan tangga kelincahan, ada 2 metode yang dapat Anda lakukan. Sebagai contoh, Anda bisa memulai dengan high-knee march melalui setiap kotak, dan kemudian lakukan gerakan lateral scissors jika Anda ingin yang lebih berat dan menantang. Jika ingin melatih tubuh bagian atas Anda, bergeraklah dengan menggunakan kedua tangan seperti posisi push up. Setelah Anda menguasai gerakan ini, tambahkan kecepatan Anda. Ini mungkin nampak sederhana, tetapi latihan ini dapat membuat detak jantung dan otak Anda bekerja secara bersamaan.

2. Hardle Drills

2

Letakkan secara berurutan cones atau yoga blocks atau apapun sebagai rintangan dengan jumlah 5-10 buah. Dengan bergerak secara menyamping, mulai dari rintangan pertama dengan langkah yang tinggi dan berhenti dalam posisi bangau sebelum kembali lagi ke posisi awal. Kemudian bergerak menyamping melewati dua rintangan pertama, berhenti dan kembali lagi ke posisi awal. Lakukan hal ini dengan pola 1, 1 2, 1 2 3, 1 2 3 4, dan seterusnya. Selalu ingat untuk berhenti pada satu kaki sebelum kembali ke posisi awal dan jangan lupa untuk mengubah arah–misal sebelumnya bergerak dari kanan ke kiri, ganti menjadi kiri ke kanan. Ketika Anda semakin bisa melakukan gerakan ini, tingkatkan kecepatan Anda dan jangan berhenti di setiap pola sebelum kembali ke posisi awal.

3. Agility Balls

3

Gunakan bola ketangkasan yang berukuran kecil untuk lempar tangkap bersama pasangan atau pantulkan ke tembok apabila Anda berlatih sendirian. Karena bentuk bola ketangkasan akan menghasilkan pantulan yang bervariasi, lebih baik Anda menggunakan ruangan yang aman di mana Anda dapat bebas bergerak tanpa mengenai sesuatu atau seseorang. Berlatih menangkap bola dengan kedua tangan, lalu kemudian gunakan tangan yang paling dominan digerakkan untuk menangkap bola, dan terakhir, latihan menangkap bola juga dnegan menggunakan tangan yang tidak dominan digerakkan. Melalui latihan ini, koordinasi tangan dan mata dapat meningkat lebih baik serta dapat menstimulasi mental. Dan dengan bergerak ke sana-ke mari untuk menangkap bola, latihan ini juga bagus untuk jantung dan kaki Anda.

4. Balloon Drills

4-Latihan-Kelincahan-yang-Perlu-Dilakukan-Balloon-Drills

Pilih dua balon yang berbeda warna, lalu tentukan mana warna pertama dan warna kedua (misal, warna kuning pertama dan warna biru kedua). Baik sendiri atau dengan pasangan, mulai pukul balon sesuai dengan urutan yang sudah dipilih sebelumhya–kedua balon harus tetap berada di udara selama latihan berlangsung. Untuk menambah tantangan, lakukan squat setiap Anda selesai memukul salah satu balon dan sebelum memukul balon berikutnya. Jika Anda merasa benar-benar lincah, coba lakukan burpee di antara setiap kontak dengan balon. Ingat, pukul balon dalam urutan yang sama dan jangan biarkan kedua balon menyentuh tanah.

Setelah mengetahui latihan kelincahan apa saja yang bisa dilakukan dan apa saja manfaatnya bagi tubuh Anda, yuk, dari sekarang mulai rajin untuk melatih kelincahan Anda agar dapat tetap bergerak dengan mudah dan cepat seiring bertambahnya umur!


By Natasha Sinsoe, as published on Journal 20FIT

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s