Fitness Center Jakarta: 8 Kelas yang Bisa Anda Ikuti

Anda ingin bergabung di tempat fitness tapi merasa malam kalau hanya latihan angkat beban atau bermain alat? Atau ingin bergabung di tempat fitness yang memiliki banyak pilihan kelas yang bisa diikuti agar tidak mudah bosan? Nah, di bawah ini terdapat 8 pilihan kelas populer yang terdapat di tempat-tempat fitness center Jakarta yang bisa Anda ikuti. Yuk, baca lebih lanjut!

1. Zumba

Fitness Center Jakarta: 8 Kelas yang Bisa Anda Ikuti-Zumba


Zumba merupakan latihan yang mengombinasikan tarian hip-hop dan latin, martial arts, serta resistance training dengan menggunakan koreografi cepat yang membuat latihan terasa amat menyenangkan. Biasanya, zumba dilakukan selama 60 menit dan dalam rentang waktu terseut, zumba dapat membantu untuk mengurangi stress, membentuk otot, dan membakar kalori. Zumba juga cocok dilakukan oleh semua kategori umur. Tidak heran kalau latihan yang dapat meningkatkan kepercayaan diri menjadi populer.

2. Barre

Fitness Center Jakarta: 8 Kelas yang Bisa Anda Ikuti-Ballet


Latihan yang terinspirasi dari ballet ini menggunakan pengulangan gerakan yang tepat untuk membentuk otot, membangun kekuatan, mengahari cara mengontrol otot, dan memperbaiki postur tubuh secara keseluruhan. Latihan yang dapat membuat Anda merasa ‘terbakar’ di beberapa bagian tubuh ini bisa dianggap sebagai latihan kardio.

3. Bikram Yoga (Hot Yoga)


Bikram yoga merupakan kelas yoga yang dilakukan selama 90 menit dengan 26 postur hatha yoga dan dua latihan pernapasan pranayama. Lebih dikenal dengan sebutan “hot yoga”, Bikram menggunakan ruangan yang dipanaskan hingga 40 derajat Celcius agar tubuh Anda bisa menjadi lebih fleksibel. Selain menantang pikiran dan tubuh, Bikram Yoga juga memfokuskan latihannya kepada aliran oksigen yang masuk ke dalam tubuh sekaligus memperbaiki sistem pernapasan.

4. Pilates

Fitness Center Jakarta: 8 Kelas yang Bisa Anda Ikuti-Pilates


Latihan yang satu ini fokus terhadap gerakan yang tekontrol untuk membantu pembentukan fleksibilitas tubuh, kekuatan otot, dan daya tahan pada kaki, otot perut, lengan, pinggul, dan punggung. Kebanyakan orang-orang mengikuti kelas ini untuk memiliki keselarasan pada tulang panggul dan tulang belakang, yang mana dapat membuat postur tubuh Anda menjadi lebih baik.

5. Boot Camp

Fitness Center Jakarta: 8 Kelas yang Bisa Anda Ikuti-Boot Camp
Latihan ala militer yang satu ini mengombinasikan gerakan kardio, latihan kekuatan, dan latihan kelincahan yang dibungkus menjadi satu sesi. Pasti Anda sudah membayangkan betapa melelahkan latihan ini. Namun, telah terbukti bahwa boot camp dapat membantu pembakaran lemak lebih cepat dan banyak dengan beberapa variasi latihan dan gerakan sambil menjaga denyut jantung yang meningkat.

6. Spinning

6
Apakah Anda pernah mencoba indoor cycling di tempat fitness Anda? Ini adalah kesempatan Anda untuk mencobanya. Selama 40-60 menit, akan ada instruktur yang memberi panduan untuk melakukan gerakan-gerakan kardio di atas sepeda statis. Latihan ini dapat membantu meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh Anda.

7. CrossFit

Fitness Center Jakarta: 8 Kelas yang Bisa Anda Ikuti-CrossFit
CrossFit 
menggabungkan serangkaian latihan kardiovaskuler, bodyweight strength training, senam, dan angkat beban dengan kecepatan tinggi. Latihan yang satu ini mengharuskan Anda untuk menyelesaikan 1 set latihan secepat mungkin dengan mempertahankan bentuk yang tepat. Gerakan yang bervariasi dan sedikitnya waktu istirahat membuat latihan ini menghabiskan waktu sekitar 20-4- menit.

8. Boxing

Fitness Center Jakarta: 8 Kelas yang Bisa Anda Ikuti-Boxing
Boxing merupakan latihan laternatif dari CrossFit. Latihan boxing biasanya melingkupi free weight dan gerakan polymetric–latihan cepat yang mengerahkan banyak tenaga, seperti berjingkrak dan melompat–untuk memaksimalkan pembakaran kalori dan meningkatkan massa otot. Anda harus fokus dalam meningkatkan kecepatan, kekuatan fisik dan mental, koordinasi, dan ketahanan tubuh ketika latihan boxing.

Demikian adalah kelas-kelas yang bisa Anda ikuti di fitness center Jakarta pilihan Anda. Variasikan latihan agar Anda tidak mudah bosan, ya!


By Natasha Sinsoe, as published on Journal 20FIT

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s