7 Cara Untuk Memiliki Bentuk Tubuh Ideal Bagi Wanita

Bentuk tubuh ideal tentu merupakan impian semua orang, baik pria atau wanita. Selain untuk kecantikan tampilan luar, bentuk tubuh ideal juga menunjukkan bahwa Anda memiliki tubuh yang sehat.

Teman-teman Anda mungkin seringkali menjawab dengan, “Makan lebih sedikit, olahraga lebih banyak” saat Anda bertanya bagaimana caranya membakar lemak dalam tubuh dan memperoleh bentuk tubuh ideal. Namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk mendapatkan lebih dari bentuk tubuh ideal, yaitu menjaga sistem metabolisme.

1. Tidur yang cukup
Mulai atur pola tidur Anda dengan benar, yuk! Sebuah penelitian dari University of Chicago melaporkan bahwa tidur kurang dari 7 sampai 8 jam setiap hari dapat meningkatkan nafsu makan, memperlambat metabolisme tubuh, dan dapat membuat lemak tersimpan lebih banyak di tubuh Anda. Jadi, usahakan, ya, untuk memiliki tidur yang cukup setiap hari!

2. Kurangi camilan tidak sehat
Jika Anda merasa lapar sebelum jam makan siang atau jam makan malam, jangan konsumsi camilan yang terlalu berminyak dan berlemak, terlalu banyak mengandung zat adiktif, kurang mengandung serat makanan alami, atau mengandung banyak kalori. Usahakan untuk mengonsumsi camilan sehat seperti yoghurt, buah-buahan segar, salad, kacang-kacangan, coklat hitam, atau agar-agar. Selain memiliki manfaat baik untuk tubuh, camilan ini dapat mengenyangkan perut Anda sampai jam makan berat tiba.

3. Konsumsi lemak sehat
Tidak semua lemak itu jahat karena lemak merupakan sumber energi kedua setelah karbohidrat. Lalu, lemak seperti apa yang sebaiknya Anda konsumsi? Anda bisa memperoleh lemak sehat dari mengonsumsi kacang-kacangan, ikan laut, dan alpukat. Ganti minyak Anda dengan minyak zaitun atau minyak canola karena kedua jenis minyak ini mengandung lemak sehat. Namun, tetap batasi konsumsi lemak sehat ini, ya. Too much good thing can also hurt you.

4. Hilangkan kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda
Tahukah Anda bahwa efek dari rutin mengonsumsi minuman bersoda dapat menimbulkan rasa lapar setiap waktu? Selain itu, gula yang terkandung di dalam minuman bersoda juga cukup tinggi sehingga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes. Yuk, hindari segala jenis minuman bersoda mulai dari sekarang!

7 Cara Untuk Memiliki Bentuk Tubuh Ideal Bagi Wanita

5. Konsumsi air mineral
Menurut penelitian, rajin mengonsumsi air mineral dapat membantu Anda terhindar dari rasa lapar yang berlebihan. Anda dapat mengendalikan nafsu makan dengan cara meminum segelas air mineral sebelum dan sesudah makan. Hindari minum ketika sedang mengunyah makanan Anda. Ingat, tidak perlu berlebihan dalam mengonsumsi air mineral, ya. Ada alasannya mengapa otak membuat Anda merasa haus.

6. Ketahui jumlah makanan yang dikonsumsi
Yup! Anda harus memerhatikan JUMLAH dan JENIS makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda. Banyak orang menganggap remeh hal ini. Padahal dengan mengetahui berapa banyak jumlah makanan yang Anda konsumsi bisa membantu Anda membakar lemak dengan mudah.

7. Imbangi dengan berolahraga
Jika Anda telah melakukan hal-hak di atas tetapi tidak diimbangi dengan olahraga, maka semua akan sia-sia. Anda perlu menggerakkan tubuh Anda untuk membakar lemak. Salah satunya, dengan berolahraga minimal 30-60 menit setiap harinya. Tapi jangan lupa untuk memiliki “free day“, yaitu hari di mana Anda memberi waktu istirahat bagi tubuh Anda dari segala kegiatan yangbiasa Anda lakukan, ya.

Terasa semakin semangat bukan untuk memiliki bentuk tubuh ideal setelah membaca tips-tips du atas? Selamat mencoba!


By Natasha Sinsoe, as published on Journal 20FIT

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s