Cara Menghitung Keseimbangan Berat dan Tinggi Badan

Keseimbangan berat dan tinggi badan seringkali luput dari perhatian banyak orang. Padahal, memiliki berat dan tinggi badan yang seimbang adalah hal yang cukup penting karena dapat mencegah risiko terkena penyakit dan menjaga keseimbangan tubuh. Menjaga berat badan agar tetap seimbang mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung, beberapa jenis kanker, dan diabetes.

Menurut WHO, terdapat lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia yang mengalami kelebihan berat badan, dan jumlah ini terus meningkat. Penyebab utama dari terjadinta hal ini adalah melupakan pola diet seimbang, makan tidak teratur, dan tidak berolahraga secara teratur. Padahal ketiga hal tersebut sangat penting untuk dilakukan demi menjaga kesehatan tubuh.

Cara mudah untuk menghitung berat badan ideal dan normal bisa dengan menggunakan versi indeks Broca. Psstt.. apakah Anda tahu siapa itu Broca? Yuk, berkenalan sebentar.

Broca adalah seorang ahli dalam ilmu antropometri, yang secara literal berarti pengukuran manusia. Antropometri berperan penting dalam bidang perencanaan industri, perancangan pakaian, ergonomik, dan arsitektur. Dalam bidang-bidang tersebut, data statistik tentang distribusi dimensi tubuh dari suatu populasi diperlukan untuk menghasilkan produk yang optimal. Perubahan dalam gaya hidup sehari-hari, nutrisi, dan komposisi etnis dari masyarakat dapat membuat perubahan dalam distribusi ukuran tubuh. Misalnya dalam bentuk epidemik kegemukan dan membuat perlunya penyesuaian berkala dari koleksi data antropometrik.

Nah, sekarang waktunya bagi Anda untuk mengukur keseimbangan berat dan tinggi badan. Yuk, ikuti cara menghitungnya di bawah ini:

Menghitung Berat Badan Normal

Menghitung Berat Badan Ideal

2

Dari hasil tersebut, Anda dapat mengetahui tubuh Anda termasuk ke dalam kategori yang mana, sih? Silakan bandingkan hasil penghitungan Anda berdasarkan penggolongan di bawah ini:

  • Underweight: kurang dari 10% dari yang seharusnya
  • Overweight: lebih dari 10% dan kurang dari 20% dari yang seharusnya
  • Obese: lebih dari 20% dari yang seharusnya

Bagaimana? Masuk kategori yang manakah tubuh Anda? Sudah seimbangkah berat dan tinggi badan Anda?

Setelah melakukan penghitungan dan mengetahui hasilnya, ada baiknya jika Anda menentukan latihan berdasarkan kategori tubuh Anda. Ingat, underweight bukan berarti Anda tidak memerlukan latihan teratur, lho. Tanyakan pada instruktur olahraga Anda, olahraga apa yang sesuai dan diperlukan tubuh Anda.


By Natasha Sinsoe, as published on Journal 20FIT

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s