10 Tips Diet Sehat Turunkan Berat Badan

Ketika sedang diet, jangan sampai hanya makan sekali dalam sehari atau bahkan tidak makan sama sekali karena hal tersebut dapat mengganggu metabolisme tubuh dan justru mendatangkan penyakit. Proses pembakaran lemak juga akan melambat sehingga berisiko menumpuk lemak lebih besar dalam tubuh. Berikut adalah beberapa tips diet yang tepat untuk membantu Anda menurunkan berat badan.

1. Selalu ingat untuk sarapan
Jika ada tips diet yang mengatakan untuk tidak usah sarapan selama diet adalah salah. Sarapan justru merupakan hal paling esensial dan sangat penting sebagai sumber energi utama. Hal yang dapat terjadi ketika Anda melewatkan sarapan justru dapat memicu Anda untuk mengemil sembarangan dan makan lebih banyak. Namun, tetap hindari makanan berlemak tinggi. Cukup sarapan dengan setangkap roti gandung panggang, telur dadar, dan ditambah semangkuk sayuran salad serta segelas susu segar.

2. Percepat waktu sarapan pagi
Jika biasanya Anda sarapan jam 9 pagi, sebaiknya mulai sekarang majukan jam sarapan Anda menjadi jam 7 pagi agar proses pembakaran energi bisa dimulai lebih cepat.

3. Perbanyak makan
Ingat hal ini: diet bukan berarti tidak makan sama sekali. Justru Anda harus makan di jam yang teratur dan diselingi cemilan buah-buahan. Makanan yang dikonsumsi harus tetap merupakan makanan sehat rendah lemak dan tinggi protein.

Journal-20FIT-10-Tips-Diet-Sehat-Turunkan-Berat-Badan

4. Cukupi kebutuhan nutrisi tubuh
Anda tetap membutuhkan karbohidrat dan lemak meskipun sedang diet. Namun, pilihan lemak baik eperti yang bisa Anda temukan di alpukat, salmon, minyak zaitun, dan lain-lain untuk membantu transportasi nutrisi ke seluruh jaringan tubuh. Sedangkan karbohidrat bisa Anda dapatkan dari roti gandum, beras merah, kentang rebus, singkong, dan kacang-kacangan.

5. Konsumsi salad sayuran untuk makan siang
Saat makan siang, Anda bisa mencoba salad yang bisa membuat Anda tetap terhidrasi. Sayuran yang mengandung serat dapat memperlancar sistem pencernaan dan membuang racun-racun lewat saluran ekskresi tubuh kita.

6. Tetaplah makan malam
Yup. Anda tetap harus makan malam. Tapi setelah jam 8 malam, usahakan untuk tidak makan lagi dan hanya konsumsi air putih saja. Mengapa Anda tetap harus makan? Karena tubuh tetap membutuhkan protein saat tidur untuk memaksimalkan pertumbuhan. Untuk menu makan, Anda bisa memasak dada ayam tanpa kulit yang dipanggang, merebus kentang atau masak nasi merah, dan tumis sayuran.

7. Perbanyak mium air putih
Jika sebelumnya Anda sangat jarang minum air putih, mulailah untuk minum minimal 8-10 gelas setiap hari agar metabolisme tubuh semakin lancar dan membuat Anda kenyang lebih lama.

Journal-20FIT-10-Tips-Diet-Sehat-Turunkan-Berat-Badan

8. Konsumsi buah dan sayuran
Perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung serat tinggi untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner. Konsumsi minimal 5 porsi buah dan sayuran dalam sehari dan variasikan jenisnya.

9. Hindari makanan yang membuat gemuk
Mulai kurangi konsumsi garam, hindari cemilan yang mengandung MSG dan gula yang tinggi. Hindari pula minuman bersoda, alkohol, atu yang mengandung kafein berlebihan.

10. Olahraga teratur
Diet dapat memberikan hasil yang maksimal jika Anda mengombinasikannya dengan olahraga teratur selama 60-90 menit, 3-4 kali seminggu. Anda bisa melakukan jogging, jalan kaki, atau bersepeda untuk membakar lemak tubuh.

Bagaimana? Tips diet di atas cukup mudah untuk dilakukan, bukan? Selamat mencoba!


By Natasha Sinsoe, as published on Journal 20FIT

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s