10 Tips Fitness untuk Wanita

Memiliki tubuh sehat dan bugar merupakan impian semua orang. Namun, terkadang kita masih merasa kesulitan untuk memulai langkah pertama dalam memasuki kehidupan yang lebih sehat. Melalui tekad dan motivasi kuat, pasti Anda akan mampu mewujudkan impian tersebut. Berikut 10 tips fitness untuk wanita yang perlu Anda perhatikan untuk memulai rencana kebugaran Anda.

1. Memiliki sebuah goal
Tujuan dari memiliki sebuah goal dalam rencana Anda untuk memiliki tubuh sehar dan bugar adalah sebagai peta untuk mencapai berat badan yang diinginkan. Anda dapat mulai merencanakan rincian diet dan latihan setelah Anda memiliki goal yang jelas.

2. Periksa kesehatan Anda
Pastikan Anda mendapatkan beberapa saran dan rekomendasi dari dokter Anda. Meskipun olahraga bisa sangat membantu untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh, tetap ada pertimbangan bagi tiap individu yang memiliki kondisi medis tertentu. Yang pasti, kondisi kesehatan Anda harus menjadi prioritas utama ketika merencanakan program olahraga–dan program tersebut harus disetujui oleh dokter Anda untuk meminimalkan cidera dan memperbaiki kondisi Anda.

3. Gunakan pakaian yang sesuai
Pakailah pakaian yang membuat Anda nyaman ketika akan berolahraga. Pilih sepatu yang terasa nyaman pula agar program olahraga dapat berjalan lancar tanpa terjadi cidera pada diri sendiri. Tidak perlu pakaian atau sepatu mahal karena belum tentu akan membuat nyaman dan terasa pas di Anda.

4. Jangan lupa melakukan pemanasan dan peregangan
Kedua hal ini merupakan hal esensial yang perlu Anda lakukan sebelum memulai latihan yang intens. Dengan melakukan pemanasan dan peregangan, dapat membantu Anda untuk mempersiapkan tubuh Anda dalam mengalirkan aliran darah ke otot. Jadi, jangan sampai lupa, ya, untuk melakukan kedua hal ini.

5. Minta saran dan petunjuk dari instruktur fitness
Sangat penting bagi Anda untuk mendapatkan petunjuk dari instruktur fitness sebelum memulai latihan, apalagi kalau Anda masih pemula dalam menggunakan alat fitness.

10-tips-fitness-untuk-wanita-journal20fit

6. Tutup latihan dengan pendinginan
Melakukan pendinginan setelah latihan yang intens merupakan cara bertahap dalam mengurangi suhu di otot Anda. Ini artinya Anda berupaya untuk melindungi tubuh Anda sendiri dari kemungkinan cidera dan ketidaknyamanan setelah latihan.

7. Minum air yang cukup
Setelah berolahraga, pastikan Anda mengonsumsi air yang cukup. Anda juga harus minum selama jeda latihan agar tercegah dari dehidrasi. Air sangat penting bagi tubuh dan kesehatan serta dalam pengeluaran racun dari tubuh selama latihan.

8. Jangan latihan berlebihan
Berikan waktu istirahat untuk tubuh Anda dengan tidak memforsir latihan dan pastikan Anda beristirahat cukup setelah selesai latihan. Latihan yang berlebihan tidak efektif dan dapat membahayakan tubuh Anda. Pastikan untuk menikmati apa yang Anda lakukan.

9. Konsumsi protein dan karbohidrat setelah latihan
Jangan biarkan semua kerja keras Anda menjadi sia-sia dengan tidak mengonsumsi makanan tinggi protein dan karbohidrat.

10. Ukur kemajuan latihan Anda
Mengukur kemajuan latihan adalah hal penting untuk membantu Anda mengetahui hal-hal yang sudah diraih selama program latihan. Dengan melihat kemajuan yang sudah Anda buat, Anda bisa semakin termotivasi untuk meraih goal awal Anda.

Demikian adalah tips fitness yang perlu Anda ketahui dan lakukan. Siapkah Anda mengikuti tips fitness tersebut?


By Natasha Sinsoe, as published on Journal 20FIT

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s