8 Tips Latihan Fisik untuk Meningkatkan Kekuatan Tubuh

Meskipun Anda sudah mengatur asupan gizi secara teratur dan dalam porsi yang pas, usaha diet Anda tidak akan berhasil tanpa diimbangi olahraga teratur. Latihan fisik bisa menjadi salah satu olahraga yang bisa Anda lakukan karena dapat meningkatkan kondisi fisik Anda agar lebih bugar dan maksimal. Berikut ini adalah tips latihan fisik yang bisa Anda ikuti.

1. Meningkatkan efisiensi berlari
Jika biasanya Anda berlari dan menjejakkan kaki secara keras dan melangkah panjang-panjang, cobalah untuk lebih halus dan melangkah lebih pendek dengan menggunakan ujung kaki Anda. Cara ini berfungsi untuk mempercepat kekuatan berlari dan menambah kekuatan otot kaki yang tentunya menambah kekuatan fisik bagian kaki.

2. Latihan rutin dengan intensitas berpola
Anda dapat mencoba sit up, push up, back up atau latihan kelincahan untuk melatih fisik Anda. Lakukan setiap hari dengan intensitas atau jatah yang meningkat dari sebelumnya.

Journal20FIT-8-Tips-Latihan-Fisik-untuk-Meningkatkan-Kekuatan-Tubuh

3. Coba aktivitas lain
Bersepeda, hiking, atau naik-turun tangga satu sampai dua kali sehari dapat menjadi alternatif aktivitas olahraga agar tidak mudah bosan. Hal ini dapat meningkatkan kekuatan fisik, pernapasan, dan otot kaki.

4. Biasakan untuk stretching setiap hari
Stretching setiap hari merupakan hal penting yang harus Anda lakukan. Anda bisa melakukannya sama seperti ketika Anda melakukan pemanasan sebelum memulai berolahraga. Anda harus meluruskan paha belakang, betis, gluts, dan fleksor pinggul setiap hari, sebab jika tidak dibiasakan, otot akan mengendur yang mengakibatkan varises atau penyakit lain.

5. Turunkan berat badan jika perlu
Kelebihan berat badan bisa berakibat kurang baik bagi tubuh Anda. Dan dapat dipastikan tidak ada yang mau kelebihan berat badan. Turunkan berat badan Anda jika sudah jauh dari berat badan normal.

Journal20FIT-8-Tips-Latihan-Fisik-untuk-Meningkatkan-Kekuatan-Tubuh

6. Istirahat setelah latihan
Tubuh Anda memerlukan istirahat yang cukup setelah selesai ditempa melalui latihan fisik. Jangan memforsir latihan Anda karena tidak baik bagi tubuh.

7. Minum banyak air
Pastikan asupan cairan tubuh Anda tidak kurang. Sisakan satu hari setelah Anda latihan untuk memastikan agar tubuh Anda benar-benar tidak dehidrasi. Cara ini terbukti sangat ampuh dalam meningkatkan kekuatan fisik.

8. Makan makanan bergizi
Yup! Jangan sampai asupan gizi Anda terlupakan karena terlalu fokus melatih fisik Anda saja. Pastikan semuanya seimbang dan dalam takaran yang pas, ya.

Demikian adalah 8 tips latihan fisik untuk meningkatkan kekuatan tubuh. Semoga bermanfaat!


By Natasha Sinsoe, as published on Journal 20FIT

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s